Yang Harus Dilakukan Saat Usia 20an Agar Menjadi Orang Sukses

Yang Harus Dilakukan Saat Usia 20an Agar Menjadi Orang Sukses

Sering dilihat:

Setiap orang berhak untuk sukses. Kesuksesan itu milik siapa saja yang mau berjuang dan ingin meraihnya.

Tidak terkecuali Anda para generasi milenial yang baru berumur 20-an tahun.

Anda juga berhak untuk meraih kesuksesan.
yang dilakukan saat usia 20an agar menjadi orang sukses

Hanya saja, cara untuk meraih kesuksesan itu berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya.

Lihat: Tipe-tipe Orang Sukses Jaman Now

Individu yang sukses, memulai proses untuk menuju kesuksesannya ketika ia mulai berencana untuk meraih kesuksesan.

Sukses di Usia 20an


Ketika rencana suksesnya dibuat, maka proses untuk menuju kesuksesan Anda pun dimulai.

Jadi, semakin dini Anda berpikir untuk sukses, maka semakin cepat Anda meraih kesuksesan.

Karena waktu yang Anda miliki untuk mempersiapkan diri dan meraih kesuksesan tersebut semakin banyak tersedia.

Anda para generasi milenial yang saat ini rata-rata berusia 20an tahun, mulailah untuk berpikir dan merencanakan jalan menuju kesuksesan Anda sekarang juga.

Sebab usia 20-an tahun dianggap sebagai usia yang paling produktif dari manusia.

Semua tantangan menjalani kehidupan dimulai pada usia 20-an tahun ini.

Apapun itu, suka duka, pahit manis dan getirnya kehidupan mulai Anda rasakan di jenjang usia ini.

Mulai dari lulus kuliah, bekerja, sampai pada memasuki kehidupan berumah tangga atau menikah.

Selain itu, di rentang usia inilah, ada banyak kesempatan yang datang dan akan membawa Anda kepada kesuksesan.

Namun sayang, tidak banyak pemuda para generasi milenial yang sering kali melewatkan kesempatan itu.

Dan jangan sampai itu terjadi pada Anda!

Untuk itu, kami dari Awam Bicara ingin memberikan beberapa kiat untuk Anda, supaya Anda bisa memanfaatkan masa usia produktif Anda, usia 20-an tahun dan menjadi orang sukses.

Tips Meraih Kesuksesan di Usia 20an


1. Utamakan Pengalaman 


Pada usia 20an tahun, biasanya kita mulai memasuki dunia kerja setelah lulus dari kuliah.

Entah itu, bekerja sebagai pekerja lepas, paruh waktu, atau bahkan mungkin sudah ada yang memiliki pekerjaan tetap sebagai karyawan swasta, BUMN ataupun PNS.

Saat ini, lowongan pekerjaan pekerjaan yang ada tidak sejalan dengan banyaknya jumlah pencari kerja pada usia produktif 20an tahun ini.

Selain itu, peluang pekerjaan yang tersedia terkadang membuat kita bingung memilihnya, jenis pekerjaan apa yang tepat dan cocok untuk kita.

Dan yang paling sering menjadi patokan dan pertimbangan orang dalam mencari pekerjaan adalah Gaji Besar.

Sangat jarang pekerja pemula ketika memilih dan mencari kerja mempertimbangkan tentang pengalaman yang akan mereka dapatkan.

Serta tidak sedikit pula dari mereka yang tidak mengetahui bahwa pekerja pemula atau fresh gradutes belum akan mendapatkan gaji besar ketika baru mulai bekerja.

Sebagai generasi milenial usia 20an tahun, semestinya Anda lebih mempertimbangkan pengalaman yang akan didapatkan ketika Anda mulai bekerja pada sebuah perusahaan, ketimbang tentang gaji yang besar.

Lihat: Cara Agar Tetap Konsisten dan Menjadi Orang Sukses

Sebab, pengalaman kerja yang baik berjalan lurus dengan semakin berharganya diri Anda dimata perusahaan.

Semakin baik dan banyak pengalaman kerja Anda, maka semakin mudah Anda mendapatkan pekerjaan lain yang lebih memberikan gaji besar dan kesejahteraan.

Artinya, semakin baik dan banyak pengalaman kerja Anda maka gaji besar pun akan datang dengan sendirinya.

Selain itu, Anda bisa menjadikan pengalaman kerja Anda untuk membuka peluang-peluang baru, sehingga Anda akan bisa membangun usaha Anda sendiri.

Merintis usaha Anda sendiri berdasarkan pengalaman yang Anda dapatkan selama Anda bekerja.

Sehingga dengan demikian, jalan Anda untuk meraih kesuksesan di usia 20an tahun semakin terbuka lebar.

2. Bekerja Cerdas 


Mengapa usia 20an disebut-sebut sebagai usia produktif dari manus, salah satu alasannya adalah mungkin karena pada usia ini kita sedang semangat-semangatnya menjalani kehidupan kita, tidak terkecuali dalam hal pekerjaan.

Rata-rata pekerja usia 20an tahun, adalah orang yang pekerja keras. Mereka sedang dalam euforia memasuki dunia kerja, sehingga selalu berusaha untuk menonjolkan dirinya bahwa ia adalah seorang pekerja keras.

Bekerja keras berarti juga akan mendapatkan hasil yang maksimal, sebab sesuatu yang dilakukan dengan baik maka tentu saja akan menghasilkan yang baik pula.

Namun jika Anda ingin menjadi orang sukses diusia 20an tahun, tidaklah cukup dengan bekerja keras saja.

Selain bekerja keras Anda juga harus bekerja cerdas.

Jika Anda ingin sukses, selain Anda harus lebih disiplin, lebih tekun, dan selalu bekerja dengan memberikan yang terbaik, dan memiliki semangat yang tinggi dalam bekerja.

Anda juga harus menjadi pekerja yang cerdas.

Menggunakan dan memanfaatkan waktu kerja Anda secara efektif dan efisien.

Menghemat waktu Anda untuk mengerjakan suatu pekerjaan, sehingga Anda dapat menyelesaikan pekerjaan Anda yang lainnya.

Maka dengan demikian, Anda tidak saja menjadi seorang pekerja yang sangat produktif, namun juga seorang pekerja yang cerdas, yang mampu menghadapi semua masalah pekerjaan dan belajar dari kesalahan.

3. Bergaya Hidup Hemat


Salah satu faktor yang dapat menentukan kesuksesan seseorang adalah Gaya Hidup atau Lifestyle

Tidak jarang banyak orang yang gagal meraik kesuksesan karena memiliki gaya hidup yang tinggi, tidak sesuai dengan penghasilan yang didapatkannya.

Sebagai orang yang baru memasuki dunia kerja, yang masih berumur 20an tahun, agar bisa sukses dikemudian hari, Anda harus memegang prinsip gaya hidup hemat, tidak berlebihan dan terlalu memaksakan diri.

Jangan menjadi orang yang "terlihat sukses", namun jadilah orang yang "memang sukses".

Karena tidak sedikit pekerja usia 20an tahun, berhutang hanya untuk memenuhi gaya hidupnya agar "terlihat sukses".

Misalnya, baru bekerja tapi sudah kredit mobil, kredit rumah, kredit motor gede, dan sebagainya.

Cobalah untuk selalu memegang prinsip gaya hidup hemat seperti saat Anda masih dibangku kuliah dulu.

Pengalaman menjadi mahasiswa Anda akan sangat berguna untuk Anda dalam merencanakan dan mengatur hidup Anda dalam meraih kesuksesan.

Sebagai mahasiswa, Anda tentu pernah merasakan bagaimana Anda harus mengirit pengeluaran Anda, sebab Anda belum memiliki penghasilan bulanan sendiri, dan masih tergantung dari kiriman uang dari orang tua.

Karena itu, manfaatkan pengalaman gaya hidup hemat Anda ketika Anda masih menjadi mahasiswa, sehingga financial Anda akan tetap terjaga, gaji Anda dapat diatur dengan lebih baik.

4. Menabung


Proses menuju kesuksesan selain dengan memulai sejak dini rencana sukses Anda, yang berikutnya yang harus Anda lakujkan adalah Anda harus mulai menabung.

Lihat: Kata-kata Motivasi Orang-orang Sukses

Iya, kami paham, masa-masa usia 20an tahun adalah masa-masa gairah hidup yang menggebu-gebu, ingin mencoba segala macam hal, ingin merasakan apapun yang belum pernah kita rasakan.

Sehingga pada usia 20an tahun ini adalah usia dimana kita bisa menjadi sangat konsumtif, sangat boros, dan menabung bisa menjadi hal yang mustahil untuk dilakukan.

Sebab kadang kala kita merasa bahwa kita telah menghasilkan uang sendiri, dan tidak memiliki tanggungan, sehingga tidak ada yang bisa mengerem kita dalam menghabiskan gaji atau penghasilan yang kita dapatkan.

Oleh karena itu, ada satu cara yang bisa Anda coba untuk membantu Anda agar bisa menabung diusia konsumtif Anda, yakni dengan memiliki 2 rekening tabungan.

1 rekening gaji untuk menerima gaji dan keperluan rutin Anda, dan 1 rekening tabungan yang Anda gunakan hanya untuk menabung.

Agar lebih efektif, Anda bisa memilih rekening tabungan berjangka untuk rekening khusus menabung Anda, karena jenis tabungan ini biasanya memberikan suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa.

Selain itu, biasanya juga uang untuk menabung di tabungan berjangka ini akan langsung di auto-debet dari tabungan gaji Anda, yang artinya Anda dipaksa untuk menabung.

5. Rubah Lingkungan Pergaulan Anda


Tapi tunggu dulu. Anda jangan salah sangka, kami tidak menyuruh Anda untuk memutuskan hubungan tali silaturahmi, namun memberikan Anda pilihan untuk memulai sebuah lingkungan baru yang dapat mendukung impian sukses Anda.

Selain itu, juga untuk membuka cakrawala berpikir Anda agar lebih maju, dan lebih luas dalam pergaulan.

Misalnya, jika dulu Anda sering nongkrong dengan teman-teman sepermainan atau masa kecil dan remaja Anda,  maka kurangilah waktu nongkrong Anda.

Mulailah bergaul dan nongkrong dengan rekan kerja, atau teman-teman Anda yang juga memiliki visi yang sama dengan Anda, yakni meraih dan menjadi orang sukses.

Apalagi jika lingkungan Anda dulu adalah lingkungan yang kurang baik, maka akan lebih baik jika Anda meninggalkannya dan hijrah kelingkungan yang lebih baik.

Anda juga harus berani untuk mengatakan tidak ketika teman-teman Anda mengajak Anda untuk melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat, atau yang mungkin melebihi kemampuan finansial Anda.

Memiliki relasi yang baik dengan orang lain merupakan salah satu cara untuk memperlebar peluang Anda meraih kesuksesan.

Jadi, berkumpul dan nongkronglah dengan orang-orang yang selalu berpikir positif, berpikir jauh kedepan, sehingga dapat menambah wawasan Anda dalam menjalani hidup dan meraih kesuksesan.

6. Stop Menjadi Korban Trend


Memang sudah menjadi kodratnya anak muda yang cenderung memiliki gengsi yang tinggi terutama dalam hal trend.

Diera digital ini, trend berubah dengan sangat cepat, sehingga banyak membuka peluang dan membuat banyak anak usia 20an tahun menjadi sangat boros.

Lihat: Cara Merintis Bisnis Tanpa Modal

Tidak ingin disebut kudet (kurang update), norak, kampungan dan sebagainya membuat mereka selalu ingin up-to-date dan berusaha sekuat tenaga untuk memenuhi segala kebutuhan agar terlihat update dan nge-trend.

Dan salah satu trend yang paling cepat berubah serta menguras kantong adalah gadget.

Diera digital ini, teknologi semakin berkembang dan sejalan dengan harganya yang semakin tinggi.

Jika dulu trend hanya seputar dari pergaulan, mode dan kendaraan, namun kini bertambah dengan adanya trend digital.

Penilaian harga diri tidak lagi hanya dilihat dari penampilan dan kendaraan yang digunakan, namun juga ditentukan oleh gadget apa yang mereka miliki.

Karena itu, jangan Anda terjebak dan menjadi korban trend masa kini. Jika Anda selalu mengikuti perkembangan teknologi, terutama tentang gadget/ smarphone, maka Anda berada dijalan yang sesat dalam meraih kesuksesan.

Gengsi yang tinggi tidak akan pernah membawa Anda kepada kesuksesan.

7. Merencanakan hiburan bulanan dan tahunan


Mendapatkan hiburan, bersenang-senang memang suatu keharusan.

Selain untuk mengurangi beban pekerjaan yang menumpuk, juga sebagai refresing diri agar hidup lebih fresh dan bergairah lagi.

Hidup cuma sekali, dan menghibur diri serta bersenang-senang adalah sebuah keniscayaan.

Memang terlihat seperti sebuah pemborosan, akan tetapi harus dilakukan agar Anda tidak terlalu stress setelah bekerja keras mencari uang.

Kesuksesan seseorang juga tergantung dari tingkat stress yang dihadapinya, semakin stress seseorang, semakin sulit ia merencanakan kesuksesannya.

Akan tetapi, jangan sampai hiburan yang Anda cari dan waktu bersenang-senang Anda mengakibatkan Anda menjadi sangat boros.

Berlibur dan bersenang-senanglah dengan biaya yang sewajarnya, jangan sampai melampaui batas kemampuan keuangan Anda.

Untuk itu, cobalah dengan mengatur dan merencanakan waktu liburan dan bersenang-senang Anda secara lebih baik lagi.

Misalnya dengan merencanakan liburan dan bersenang-senang dengan lebih spesifik lagi untuk sebulan sekali atau mungkin setahun sekali.

Contoh: Rencanakan waktu bersenang-senang bulanan Anda dengan menghibur diri pergi menonton di bioskop, jalan-jalan kepantai atau pergi memancing.

Atau Anda bisa mulai menabung khusus untuk waktu liburan tahunan Anda, misalnya di akhir tahun dengan pergi liburan ke tempat-tempat wisata diluar kota. Bahkan mungkin dengan berlibur keluar negeri atau dengan kapal pesiar.

Namun, sekali lagi, ingatlah untuk tetap menggunakan uang lebih ketika Anda bersenang-senang dan berlibur.

Lihat: Panduan Memulai Usaha Rumahan Online

Yakni uang yang sengaja Anda sisihkan untuk bersenang-senang, diluar dari uang rutin dan tabungan masa depan Anda.

8. Belajar Investasi


Mumpung masih muda, mulailah untuk belajar berinvestasi.

Investasi itu tidak sesulit yang Anda bayangkan namun juga tidak semudah yang dipikirkan.

Untuk berhasil dalam berinvestasi, Anda harus harus banyak belajar, mencoba dan memupuk pengalaman.

Karena terkadang Anda butuh sebuah kegagalan dalam investasi, agar Anda dapat mendalami dan memiliki pengalaman dibindang ini.

Usia 20an tahun adalah usia yang paling tepat dalam menempa diri, dan mengalami kegagalan.

Karena pada usia ini kegagalan itu terasa seperti sebuah cemeti yang akan mendorong kita untuk belajar dan menjadi lebih baik dan sukses lagi dimasa yang akan datang.

Mencoba dan terus mencoba untuk berinvestasi akan memberikan Anda proses belajar dalam meraih kesuksesan.

Usia Anda masih sangat muda, dan masih banyak waktu yang Anda miliki untuk mempelajari hal yang menguntungkan ini.

Namun yakinlah, hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha, jadi semuanya pasti akan terbayar nanti.

Teruslah berusaha dan belajar agar Anda menjadi orang sukses!

9. Menemukan Peluang Bisnis


Seperti yang telah kami sebutkan tadi, selain Anda harus bekerja keras, Anda juga harus bekerja cerdas.

Kumpulkan pengalaman dan uang diusia muda Anda, untuk kemudian mulai memikirkan mengembangkan usaha dan bisnis Anda sendiri.

Saat Anda bekerja pada suatu perusahaan atau dengan orang lain, maka pergunakan waktu Anda itu untuk mempelajari semua yang ada disana.

Lihat peluang-peluang apa saja yang terbuka untuk dikembangkan lagi menjadi sebuah bisnis baru.

Memang untuk memulai usaha sendiri, bukanlah sebuah proses yang mudah.

Tidak sedikit pula bisnis yang baru dirintis menemui kegagalan dalam sekejab.

Dan sekali lagi, masa muda adalah masanya untuk belajar mengasah diri, menjalani kehidupan, mengalami kegagalan dan belajar dari kegagalan itu.

Saat ini sangat banyak ide dan peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan, apalagi diera digital ini.

Dengan kemajuan teknologi informasi, adanya internet, dunia usaha dan bisnis saat ini bisa dilakukan secara online.

Bahkan Anda bisa membuka usaha sampingan sambil bekerja sebagai karyawan dengan adanya internet ini.

Kesuksesan tidak akan pernah Anda raih, bila Anda tidak merencanakannya terlebih dahulu.

Semakin dini Anda merencanakan kesuksesan Anda, maka semakin cepat Anda meraih kesuksesan.

Siapapun ingin sukses, dan semua orang memiliki tujuan untuk sukses dalam hidupnya.

Sukses tidak mudah untuk diraih, bagitu banyak usaha yang harus dilakukan, dan yang paling penting adalah bagaimana Anda mengatur keuangan Anda dengan lebih bijaksana lagi.

Tidak boros, tidak berlebihan mengikuti trend dengan membeli barang-barang mahal hanya agar terlihat up to date.

Sehingga, dengan demikian Anda telah selangkah lebih dekat dengan kesuksesan yang Anda cari.
Loading...
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar