Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Drakor Bertema Sejarah yang Meraih Rating Tinggi dan Banyak Penghargaan

Korea Selatan selain penghasil drakor yang dicintai banyak orang, juga kaya akan sejarah dan budayanya.

drakor bertema sejarah rating tinggi

Jadi tidak mengherankan jika banyak industri hiburan Korea yang menawarkan drakor bertema sejarah yang sukses besar dipasaran, berating tinggi dan memenangkan banyak penghargaan.

Terlepas dari genre yang diangkatnya, namun diperkaya secara historis dan budaya, 9 drakor bertema sejarah yang meraih rating tinggi dalam daftar ini banyak dipuji kritikus perfilman Korea.

Karena cerita yang diangkat begitu kreatif serta penggambaran para karakter yang kuat, dengan akhir yang (banyaknya) tragis dan menyayat hati.

Drakor Bertema Sejarah Rating Tinggi

Berikut ini sembilan drakor bertema sejarah yang meraih rating tinggi dan banyak penghargaan, yang sangat kami rekomendasikan untuk Anda pencinta drama Korea.

Baca: 8 Drakor Bertema Medis Paling Populer

Daftar drakor bertema sejarah rating tinggi ini kami mulai dari drakor yang tayang tahun 2010 hingga 2018.

1. The Slave Hunters (2010)

9 drakor bertema sejarah rating tinggi

The Slave Hunter bercerita tentang seorang bangsawan muda, yang diperankan oleh Jang Hyuk, yang cintanya pada saudari budak keluarganya dan mengubah hidupnya menjadi sebuah tragedi.

Dia kemudian hidup dijalanan selama 10 tahun sambil mengukir namanya sebagai pemburu budak dan mencari wanita yang dicintainya.

Kemudian akhirnya, ia disewa untuk melacak seorang jenderal yang melarikan diri, dimainkan oleh Oh Ji-ho, yang salah dituduh dan dijebak.

Perburuanpun dimulai, dan dia akhirnya menemukan jenderal, yang kebetulan terlibat secara romantis dengan wanita yang telah dia cari selama ini.

Drakor ini sangat sukses dipasaran, memiliki rating puncak yang konsisten selama tujuh minggu, dengan rating rata-rata 31,7%, dan puncaknya pada 35,9%.

Keberhasilan drakor ini itu bahkan membuat aktor utamanya Jang Hyuk masuk dalam nominasi untuk Aktor Terbaik di International Emmy Awards 2011 untuk penampilannya.

2. Sungkyunkwan Scandal (2010)

9 drakor bertema sejarah rating tinggi

Kita kembali ke masa di mana perempuan tidak diizinkan memiliki pendidikan, pekerjaan, atau posisi dalam masyarakat.

Seorang wanita muda menyamar sebagai saudara laki-lakinya sehingga dia dapat menghidupi keluarganya dengan melakukan berbagai pekerjaan yang diperuntukkan bagi pria.

Dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan keluarga mereka, ia menjadi pengganti peserta ujian untuk kakak lelakinya dalam ujian masuk di Sungkyunkwan.

Sungkyunkwan adalah sebuah lembaga pendidikan bergengsi di dinasti tersebut, dan apa yang dilakukannya itu adalah sebuah tindakan ilegal.

Dibintangi Park Min-young, Park Yoo-chun, Yoo Ah-in, dan Song Joong-ki, drakor bergenre rom-com sejarah ini didasarkan pada novel terlaris 2007 "The Lives of Sungkyunkwan Confucian Scholars" yang ditulis oleh Jung Eun-gwol.

Drakor Sungkyunkwan Scandal ini juga ditayangkan di lebih dari tujuh negara di Asia.

3. The Princess’ Man (2011)

9 drakor bertema sejarah rating tinggi

Drakor bertema sejarah The Princess' Man ini dibintangi Park Si-hoo, Moon Chae-won, Kim Yeong-cheol, Hong Soo-hyun, Song Jong-ho, dan  Lee Soon-jae.

Drakor sejarah romantis tentang romansa terlarang antara putri seorang raja dan putra dari musuh politiknya, yang berjuang dibalik sebuah kudeta politik.

Drakor ini dianggap sebagai kisah klasik Romeo dan Juliet nya Korea.

The Princess 'Man juga menyoroti kisah pengkhianatan, tragedi, dan keluarga yang bertikai.

Drakor ini kemudian memenangkan banyak penghargaan bergengsi, termasuk nominasi dan kemenangan dari lembaga pemberi penghargaan internasional seperti Festival Televisi Monte-Carlo dan Festival TV New York.

Baca: 8 Drakor Peraih Penghargaan Bergengsi Baeksang Arts Awards

4. Tree With Deep Roots (2011)

9 drakor bertema sejarah rating tinggi

Tree With Deep Roots merupakan drakor bertema sejarah yang diangkat dari novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh Lee Jung-myung pada tahun 2006.

Tree With Deep Roots mengikuti kisah seorang penjaga kerajaan dengan misi balas dendam, diperankan oleh  Jang Hyuk.

Ia berusaha mengungkap kebenaran di balik pembunuhan berantai para sarjana Jiphyeonjeon di Istana Gyeongbok.

Dan raja yang menciptakan Hangul (alfabet Korea), dimainkan oleh  Han Suk-kyu, karena mertuanya dibunuh secara brutal oleh ayahnya.

Tree With Deep Roots adalah drakor kembalinya Han Suk-kyu setelah 16 tahun hanya fokus pada film.

Drakor ini memenangkan Grand Prize (Daesang) untuk TV serta Skenario Terbaik (TV) di Baeksang Arts Awards ke-48 pada tahun 2012.

5. The Moon Embracing the Sun (2012)

9 drakor bertema sejarah rating tinggi

The Moon Embracing the Sun menceritakan kisah cinta rahasia yang terjadi selama Dinasti Joseon antara seorang raja dan seorang dukun perempuan, di tengah-tengah konspirasi dan perjuangan konflik politik.

Dibintangi Kim Soo-hyun, Han Ga-in, Jung Il-woo, dan Kim Min-seo dan didasarkan pada sebuah novel dengan judul yang sama oleh Jung Eun-gwol yang terbit pada tahun 2005.

Pada penayangan perdananya, drakor ini mencatat drama Korea paling laris untuk MBC, yang mencapai rating tinggi 42,2% secara nasional untuk episode terakhirnya.

Bersamaan dengan penghargaan dari badan pemberi penghargaan lokal, acara ini juga memenangkan beberapa penghargaan dalam film internasional dan upacara penghargaan TV seperti Shanghai Television Festival Magnolia Awards ke-18 pada 2012 dan WorldFest-Houston ke-46 pada 2013.

6. Empress Ki (2013–2014)

9 drakor bertema sejarah rating tinggi

Dibintangi Ha Ji-won, Ji Chang-wook, Joo Jin-mo, dan Baek Jin-hee, Empress Ki bercerita tentang seorang wanita kelahiran Goryeo yang naik untuk berkuasa di tengah masyarakat era-sistematis dan diskriminasi terhadap perempuan.

Dia kemudian menikahi kaisar Kekaisaran Mongol dan menjadi raja dinasti Yuan.

Drakor ini juga berpusat pada cinta mendalam Kaisar untuk Lady Ki, yang dipenuhi dengan ambisi politik.

Drakor ini menjadi drakor yang meraih rating tinggi di Taiwan, untuk acara asing terbaik.

Empress Ki merupakan drama Korea kedua yang berhasil melakukan ini di Taiwan, setelah Jewel in the Palace  pada tahun 2003.

Drakor ini menerima umpan balik yang beragam dari para penontonnya, dengan beberapa pujian itu untuk plot mencekam, adegan, dan kinerja karakternya.

Mengungkapkan keprihatinan mereka atas penggambaran Permaisuri dalam drama Korea sebagai kebalikan dari Ki Kehidupan nyata.

7. Six Flying Dragons (2015–2016)

9 drakor bertema sejarah rating tinggi

Drama Korea Six Flying Dragons memenangkan total 16 penghargaan dari berbagai badan pemberi penghargaan.

Six Flying Dragons menjadi prequel dari drakor hit "Tree With Deep Roots 2011".

Drakor ini mengikuti kisah perjuangan dan ambisi enam orang yang menjadi fondasi dinasti Joseon, dengan seorang pangeran muda sebagai tokoh sentralnya.

Dibintangi Yoo Ah-in, Kim Myung-min, Shin Se-kyung, Byun Yo-han, Yoon Kyun-sang, dan Chun Ho-jin, mereka menggambarkan konflik dan keberhasilan karakter di tengah kekacauan politik.

Di antara enam tokoh utama, karakter Yoo Ah-in, Kim Myung-min, dan Chun Ho-jin didasarkan pada tokoh-tokoh sejarah kehidupan nyata sedangkan Shin Se-kyung, Byun Yo-han, dan Yoon Kyun-sang adalah yang tokoh fiksi.

Baca: The World of The Married jadi Drakor Rating Paling Tinggi dalam Sejarah TV Kabel Korea

8. Love in the Moonlight (2016)

9 drakor bertema sejarah rating tinggi

Drama Korea Love in the Moonlight merupakan drakor sebuah romansa yang tumbuh di jaman Dinasti Joseon abad ke-19.

Love in the Moonlight berpusat pada romansa yang tidak biasa antara seorang pangeran mahkota dan kasim, yang kemudian diketahui merupakan seorang wanita yang menyamar sebagai seorang pria.

Diangkat dari novel Moonlight Drawn by Clouds, drama Korea ini sangat sukses dipasaran.

Drakor ini mencapai rating pemirsa puncak di 23,3% dan secara konsisten menduduki rating tinggi, termasuk untuk topik, dan grafik serta reputasi merek.

Karena meraih rating tinggi secara konsisten, jumlah episode drakor ini yang semula 16 episode diperpanjang hingga 18 episode.

Drama Korea Love in the Moonlight ini dibintangi oleh Park Bo-gum dan Kim Yoo-jung.

9. Mr. Sunshine (2018)

9 drakor bertema sejarah rating tinggi

Mr Sunshine merupakan salah satu drakor yang ditulis oleh penulis keren Kim Eun-sook.

Pertama kali ditetapkan pada periode Joseon yang mengikuti kisah seorang anak lelaki yang dijual sebagai budak namun melarikan diri ke Amerika Serikat setelah ekspedisi AS ke Korea tahun 1871.

Beberapa tahun berselang, bocah ini kembali ke Korea sebagai seorang perwira korps Marinir AS, yang diperankan oleh Lee Byung-hun.

Di Korea (era Joseon) bocah ini kemudian bertemu dan jatuh cinta dengan seorang wanita bangsawan Joseon, yang diperankan oleh Kim Tae-ri, yang juga seorang penembak jitu dari pemberontak.

Akhirnya, plot cerita mengungkapkan kekuatan asing dalam merebut Korea, dan berjuang untuk kebebasan Joseon.

Penulis maupun sutradara drakor Mr. Sunshine ini adalah orang yang sama dibalik kesuksesan drakor Descendants of the Sun (2016) dan  Guardian: The Lonely and Great God (2016–2017) aka Goblin.

Drakor ini dipuji untuk sinematografi nya yang mengesankan dan narasi yang mendalam dari para aktivis yang berjuang untuk kedaulatan Korea.

Drama Korea Mr. Sunshine ini merupakan salah satu drakor rating tertinggi sepanjang masa dalam sejarah drakor tv kabel Korea.

TENTANG KAMI : Situs yang didedikasikan sebagai tempat untuk belajar Soal CPNS, Psikotes dan Blogging. Informasi terkini tentang Drakor terbaru, Loker, Lifestyle dan Teknologi. Terus ikuti kami untuk update artikel terbaru, atau ikuti kami di Facebook dan Twitter.


Deddy's
Deddy's Seorang abdi negara yang aktif menulis blog dikala libur
Follow me: @deddy

Posting Komentar untuk "9 Drakor Bertema Sejarah yang Meraih Rating Tinggi dan Banyak Penghargaan"