Skip to main content

10 Artis K-POP yang juga Piawai Berakting dalam Drama Korea

Industri perfilman Korea mengguncang industri perfilman Hollywood lewat film Parasite dengan membawa 4 piala Oscar termasuk film terbaik.

artis k-pop yang juga piawai berakting dalam drakor

Selain film dan drakornya, industri hiburan korea juga dipenuhi oleh bintang-bintang K-POP yang juga mendunia.

Menariknya lagi, artis-artis penyanyi korea yang sering juga disebut dengan K-Pop tidak hanya piawai dalam dunia tarik suara, namun juga dalam dunia akting.

Artis-artis K-pop yang kemudian masuk kedalam dunia akting sudah sering terjadi, namun seperti halnya yang terjadi dibelahan dunia lain, tidak semua dari mereka yang berhasil dan sukses dalam dunia akting ini.

Baca: Alasan Mengapa Drakor Tidak Pernah Tayang di TV Indonesia

10 Artis K-POP yang Piawai Berakting dalam Drakor


Awambicara Drakor kali ini akan membawa 10 daftar penyanyi K-Pop yang berubah menjadi aktor dan sukses membuktikan bahwa mereka dapat berakting dan diakui penampilannya dalam dunia drama Korea.

Siapa saja mereka? Simak daftarnya!

1. Do Kyung-so - DO EXO

artis k-pop yang juga piawai berakting dalam drakor

Do Kyung-soo, atau yang lebih dikenal sebagai DO, pertama kali diperkenalkan sebagai anggota kedelapan dari grup K-pop EXO pada tahun 2012.

Pada saat grup k-pop ini menjadi salah satu artis papan atas dan terlaris di Korea, bahkan diluar negeri, DO menjadi sangat populer serta mulai mengukir namanya di industri hiburan Korea.

Pada tahun 2014, ia mencoba dunia akting dengan menjadi pemeran pendukung dalam film Cart, yang membuatnya mendapatkan nominasi Aktor Pendukung Terbaik di Grand Bell Awards ke-52.

Ditahun yang sama, ia juga memainkan peran pendukung lainnya dalam film "It's Okay That's Love" dan mendapatkan nominasi Aktor Baru Terbaik dalam ajang penghargaan insan perfilman bergengsi di Korea Baeksang Arts Awards ke-51.

DO baru mendapatkan peran utama dalam drakor pertamanya di serial drama Korea sejarah pada tahun 2018 dalam drakor "100 Days My Prince", yang menjadi drama kabel berperingkat ketiga di Korea pada tahun itu.

Drakor ini merupakan drakor terakhirnya sebelum ia mulai mengikuti wajib militernya pada Juli 2019.

DO diperkirakan akan dibebaskan dari tugasnya pada Januari 2021.

Baca: Drama Korea Terbaru Januari 2020

2. Im Si-wan - ZE:A

artis k-pop yang jago berakting dalam drakor

Setelah melakukan debutnya sebagai salah satu vokalis dari boy band ZE:A pada tahun 2010, peran pertamanya dalam drama Korea dimulai pada tahun 2012 dalam drakor sageuk "Moon Embracing The Sun" yang sangat populer.

Baru kemudian ditahun 2014, ia mendapatkan peran utama pertamanya dalam drakor "Misaeng: Incomplete Life", yang menjadi hit secara komersial dan melambungkan namanya menjadi bintang drakor.

Penggambarannya tentang orang yang tidak percaya diri namun memiliki tekad "Jang Geu-rae" berhasil memenangkan penghargaan Aktor Baru Terbaik di Penghargaan Seni Baeksang ke-51.

Baru-baru ini dia membintangi film thriller OCN di tahun 2019 "Hell Is Other People", dan dijadwalkan akan kembali bermain sebagai atlet dalam film Korea bertema olahraga "Boston 1947" bersama Ha Jung-woo dan Son Ye-jin.

3. Yoona - Im Yoon-ah - SNSD

artis k-pop yang jago berakting dalam drakor

Jauh sebelum debut aktingnya, Yoona dikenal sebagai anggota Girls'Generation yang juga dikenal sebagai SNSD, salah satu girl band terlaris di Korea Selatan.

Pada tahun 2007, ia melakukan debut aktingnya dengan memainkan peran kecil dalam drama Korea di MBC "Two Outs In The Ninth Inning".

Selang setahun kemudian, dia mendapatkan peran utama pertamanya dalam drama korea di KBS1 "You Are My Destiny", di mana dalam drakor ini dia memenangkan Best New Actress di Baeksang Awards ke-45.

Ingin menjauh dari citra baiknya dan meninggalkan bias sebagai aktris idola, dia kemudian membintangi drama Korea di tahun 2016 "The K2" yang berperan sebagai putri seorang politikus, dan beradu akting dengan Ji Chang-wook.

Pada 2019, ia kembali mengambil peran utama pertamanya dalam sebuah film Korea "Exit", yang kemudian menjadi salah satu film Korea terlaris sepanjang masa.

4. Jung Eun-ji - APINK

artis k-pop yang jago berakting dalam drakor

Jung Eun-ji memulai debutnya didunia hiburan Korea Selatan sebagai vokalis utama girl band "Apink" pada tahun 2011.

Tahun berikutnya, ia mencoba peruntungan di dunia akting dengan menjadi pemeran utama dalam "Reply 1997".

Aktingnya dalam "Reply 1997" mendapatkan banyak pujian dari para kritikus dan menjadi drakor rating tertinggi pada tahun 2012.

Dia juga menerima banyak pujian untuk perannya sebagai seorang remaja yang penuh semangat dan terobsesi dengan kelompok boyband K-pop serta membawanya memenangkan Best New Actress di Baeksang Arts Awards ke-49.

Sejak itu dia menjadi headline drama seperti "Cheer Up" dan "Untouchable".

Jung Eun-ji memulai debutnya sebagai artis solo dalam album pertamanya pada tahun 2016, setelah itu ia merilis album balada setiap tahun hingga tahun 2018.

Pada tahun 2019, ia telah berhasil mempromosikan dengan kelompoknya Apink dan muncul dalam film horor "0.0MHz".

5. Lee Ji-eun - IU

artis k-pop yang jago berakting dalam drakor

Lee Jie-un, atau yang lebih dikenal dengan IU, memulai debutnya sebagai artis solo pada usia 15 tahun lewat albumnya "Lost And Found". 

Suara merdunya serta penampilannya yang polos membuatnya mendapatkan gelar "little sister" Korea.

Pada tahun 2011, ia mulai mengambil peran akting pertamanya dalam drakor remaja "Dream High", yang berperan sebagai penyanyi yang bercita-cita tinggi.

Baca: Jadwal Drakor Terbaru Februari 2020

IU mulai mengambil peran utama pertamanya dalam drakor akhir pekan tahun 2013 "You Are The Best", namun baru pada tahun 2018 bakatnya sebagai aktris peran mendapat perhatian yang sangat besar.

Selama tahun 2018, ia membintangi "My Mister" dan mendapatkan nominasi Aktris Terbaik di Baeksang Arts Awards ke-55 untuk penampilannya yang luar biasa.

Pada 2019, ia menjadi judul serial antologi Netflix "Persona" dan drama Korea fantasi "Hotel del Luna", yang menjadi drama korea dengan rating tertinggi tahun 2019.

IU baru-baru ini dikabarkan mengikuti casting untuk peran utama pertamanya dalam film komersial bersama Park Seo-joon.

6. Lee Seung-gi

artis k-pop yang jago berakting dalam drakor

Tidak banyak yang menyadari bahwa Lee Seung-gi memulai debutnya di industri hiburan Korea sebagai penyanyi balada.

Pada tahun 2004, lagu debutnya "Because You're My Girl" memenangkannya penghargaan artis pria baru terbaik di Mnet KM Music Video Festival yang bergengsi, yang sekarang dikenal sebagai Mnet Asian Music Awards.

Setelah mengambil beberapa peran kecil dalam dunia akting, kemudian peran utamanya datang lewat drama Korea tahun 2009 "Brilliant Legacy" yang membuatnya masuk dalam Hallyu Fame.

Lee Seung-gi dinominasikan untuk Aktor Baru Terbaik di Baeksang Arts Awards ke-46 untuk penampilannya dalam drama Korea "Brilliant Legacy" tersebut.

Pada awal 2010-an, Lee Seung-gi menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bernyanyi, berakting, dan menjadi host, yang membuatnya mendapatkan gelar "Triple Threat Entertainer".

Baru-baru ini Lee Seung-gi terlihat beradu akting Suzy dalam drama Korea aksi spionase tahun 2019 "Vagabond".

7. Park Hyung-sik - ZE:A

artis k-pop yang jago berakting dalam drakor

Sama seperti Im Si-wan, Park Hyung-sik juga adalah anggota dari grup boyband K-pop ZE:A. 

Setelah debutnya bersama dengan Im Si-wan, dan ia tidak melihat banyak keberhasilan dalam industri musik, Park kemudian mengubah haluannya dari musikal ke akting.

Setelah membuat debut teaternya pada tahun 2011, Park banyak berperan dalam berbagai peran pendukung dari tahun 2012 hingga 2013.

Pada tahun berikutnya, ia memainkan peran pendukung utama dalam drama akhir pekan "What's With This Family" dan dinominasikan untuk penghargaan Aktor Baru Terbaik di Baeksang Arts ke-51.

Pada tahun 2016, ia mengambil peran utama dalam drama Korea sejarah "Hwarang: The Poet Warrior Youth".

Serial breakout-nya adalah darkor rom-com fantasi tahun 2017 "Strong Woman Do Bong-soon", yang menjadi drakor komedi romantis terbaik dan terfavorit sepanjang masa.

Pada tahun 2019 Park memulai debut film nya dalam "Juror 8", yang kemudian ia harus memulai wajib militernya.

8. Seo Hyun-jin - MILK

artis k-pop yang jago berakting dalam drakor

Ini adalah sesuatu yang hanya diketahui oleh penggemar berat Seo Hyun-jin, bahwa Seo Hyun-jin memulai debutnya sebagai vokalis utama dari girlband "MILK" pada tahun 2001.

Meskipun grup ini bubar dua tahun kemudian, ia terus berkarya di dunia musik, yang secara alami mengarahkannya pada dunia akting.

Kehadiran pertamanya didunia akting datang melalui drakor bergenre rom-com (romantic comedy) dalam serial drakor tahun 2015 "Let's Eat 2" yang menandai titik balik dalam karirnya didunia hiburan Korea Selatan.

Setelah membintangi rom-com fantasi tahun 2016 "Another Miss Oh", popularitasnya semakin melejit dan ia berhasil memenangkan penghargaan sebagai Aktris Terbaik di Baeksang Arts Awards ke-53.

Sejak itu, Seo Hyun-jin telah membintangi beberapa drama romantis seperti "Dr. Romantic", "Temperature of Love", dan "The Beauty Inside".

Tahun ini, dia berperan sebagai guru sekolah menengah dalam drakor tvN yang sedang berlangsung - "Black Dog".

Baca: Drakor Terbaru yang Ditulis oleh Kim Eun Sook

9. Seo In-guk

artis k-pop yang jago berakting dalam drakor

Saking populernya Seo In-guk sebagai seorang aktor, debutnya sebagai seorang penyanyi sering tidak disadari oleh penggemarnya.

Seo In-guk adalah pemenang kompetisi menyanyi populer di Korea Selatan - Superstar K!

Seo In-guk memulai debutnya sebagai aktor dalam drama Korea romantis tahun 2012 "Love Rain" dan kemudian baru berperan sebagai pemeran utama dalam "Reply 1997" yang beradu akting dengan anggota girlband Apink - Jung Eun-ji.

Penggambarannya tentang seorang remaja laki-laki yang jatuh cinta dengan sahabatnya, melambungkannya ke dalam ketenaran instan dan membuatnya mendapatkan nominasi Aktor Baru Terbaik di Baeksang Arts Awards ke-49.

Sejak saat itu, Seo In-guk secara teratur merilis album sambil membintangi drama Korea seperti "Master's Sun", "High School King of Savvy", dan "The Smile Has Left Your Eyes".

Pada tahun 2019, ia menandatangani kontrak dalam film berjudul "Pipeline", yang akan tayang perdana pada tahun 2020 ini.

10. Yook Sung-jae - BTOB

artis k-pop yang jago berakting dalam drakor

Yook Sung-jae memulai debutnya didunia hiburan Korea Selatan sebagai vokalis "BTOB" pada 2012 dan memulai debutnya sebagai aktor dalam sebuah peran kecil serial drakor hit "Reply 1994" pada 2013.

Pada tahun 2015, ia baru berperan sebagai pemeran utama dalam drama Korea remaja "Who Are You: School 2015", yang kemudian berhasil masuk nominasi sebagai Aktor Baru Terbaik di Baeksang Arts Awards ke-52.

Popularitasnya sebagai aktor melonjak setelah ia memainkan peran utama dalam drakor percintaan fantasi tahun 2016 "Goblin".

Selanjutnya pada tahun 2019, ia mengkonfirmasi peran utamanya dalam drakor "Man Who Bakes Bread", akan tetapi mundur dari proyek tersebut dua minggu kemudian.

Dia kembali dijadwalkan untuk tampil dalam drakor yang tayang di JTBC mendatang "Ssang Gap Pocha" yang akan tayang perdana pada tahun 2020 ini.
Comment Policy: Tulis komentar Anda sesuai topik postingan. Komentar yang bersifat promosi akan dianggap sebagai spam dan akan dihapus. Tautan aktif tetap diizinkan selama relevan dengan postingan.
Buka Komentar
Tutup Komentar